Monday, December 21, 2015

Halo Boss!

Sudah pernah mendengar YESBOSS? YesBoss adalah perusahaan yang mempekerjakan orang untuk memenuhi kebutuhan para Boss, panggilan mereka terhadap pelanggan. Calon pelanggan harus mendaftar terlebih dahulu dan perlu approval dari YesBoss untuk dapat menggunakan layanan mereka. Cara komunikasinya untuk saat ini via SMS, dan pelanggan tidak dikenakan tarif tambahan. Nah, minggu lalu saya mencoba layanan mereka: membelikan tiket bioskop.

Hari Jumat minggu lalu Star Wars mulai tayang di Jakarta namun tiketnya sudah dijual sejak Rabu, 2 hari sebelumnya. Karena mengira bioskop-bioskop akan dipenuhi calon penonton, dan antrian pembelian tiket menjadi panjang, jadi sekalian saja mencoba layanan YesBoss. Hasilnya: tiket Star Wars berhasil dipesan.

Catatan + dan - menurut pengalaman saya:
+ Responsif. Saya dibantu asisten bernama Clara. Orangnya tanggap dan sangat membantu.
+ Tidak ada biaya tambahan. Total tagihan adalah jumlah tiket * harga per tiket + (jumlah tiket * 1000 rupiah). Rp. 1.000,- adalah biaya per tiket layanan m-tix.
+ Pembayaran mudah, bisa transfer atau menggunakan kartu kredit.
+ Informatif. YesBoss mengirim detail pemesanan mulai nomor transaksi, nama bioskop, tanggal dan jam tayang, posisi kursi, dan total tagihan. Penukaran tiket di bioskop cukup dengan menunjukkan sms yang ada info nomor transaksinya.
- Boros pulsa. Total mengirim 12 sms untuk memastikan tanggal, jam tayang, dan posisi tempat duduk. Kapan terakhir mengirim sms?

- Ribet. Pemesanan tiket bioskop harus bolak-balik konfirmasi tanggal, jam tayang, dan posisi tempat duduk. Awalnya mau nonton Jumat malam, tapi bergeser menjadi Sabtu malam karena posisi yang diinginkan adanya di slot waktu tersebut.
Terus kenapa saya kasih rate 5?

Clara responsif, pembayaran gampang, sms detail transaksinya lengkap.

Masalah pulsa boros dan ribet menurut saya di luar kendali mereka. Pulsa akan lebih hemat kalau menggunakan operator yang sama dengan mereka. Kalau ada aplikasinya, seperti Halo Diana, pulsa-pulsa ini menjadi tidak menjadi masalah lagi. Soal ribet, memang begitu karena saya yang ngotot mencari posisi di tengah.

Jadi menurut saya, YesBoss tidak cocok digunakan untuk hal-hal yang perlu bolak-balik konfirmasi seperti pembelian tiket bioskop atau pemesanan tiket pesawat. Kalau saya punya akun m-tix, lebih baik melakukannya sendiri. Sama halnya dengan pemesanan tiket pesawat.

Tetapi YesBoss bisa sangat membantu jika:
1. Sedang berada di daerah terpencil,
2. Tidak memungkinkan untuk melakukannya sendiri, seperti perihal saya dengan tiket bioskop.
3. YesBoss sebagai perantara. Pernah membatalkan transaksi karena pembayaran harus dengan kartu kredit? Terlepas karena tidak punya kartu kredit atau khawatir webnya tidak aman. YesBoss bisa dijadikan sebagai perantara. YesBoss yang melakukan transaksi, sementara pembayaran ke mereka dengan cara transfer :)

Kepikiran kapan dan kondisi bagaimana YesBoss akan sangat membantu?

No comments:

Post a Comment